Pendingin komputer


Pendingin komputer yang terpasang di perangkat komputer merupakan komponen penting, sebab berguna untuk mengatur suhu, dan sistim ini juga mencegah overheat pada perangkat komputer.
Seperti dikutip dari Howtogeek, Rabu (16/11/2016), berikut empat jenis sistem pendingin komputer untuk menghilangkan panas pada komputer di antaranya:

1. Heat Sink
Heat Sink adalah sistem pendingin pasif yang mendinginkan komponen dengan menyerap panas. Misalnya, CPU Anda memiliki Heat Sink besar dan lempengan logam.
Selain menyerap panas, Heat Sink juga dapat mendinginkan perangkat komputer, dan membuat udara yang lebih dingin ketika perangkat komputer dinyalakan.
2. Thermal Compound
CPU dan GPU umumnya memiliki Thermal Compound atau senyawa termal yang berfungsi sebagai mengisi setiap celah udara antara komponen penghasil panas dan Heat Sink sehingga memungkinkan transfer panas lebih efisien.
3. Fan (Kipas)
Fungsi dari Fan dapat membiarkan udara untuk bergerak, sehingga udara panas ditiup jauh dari komponen yang menghasilkan panas dan diusir dari desktop atau laptop PC.
Kipas ini berperan sebagai sistem pendingin komputer yang paling umum ditemukan, biasanya terpasang di casing, prosesor, atau VGA. Fungsinya untuk sirkulasi udara, ada yang mengarahkan udara ke prosesor atau VGA agar tidak panas.
4. Water Cooling
Jenis khas pendingin satu ini sebagai solusi yang Anda akan temukan di sebagian besar PC, meskipun beberapa PC yang hemat dirancang untuk bekerja tanpa Fan (Kipas).
Kelebihan dari Water Cooling adalah pendingin yang melibatkan pompa yang memompa udara melalui tabung ke seluruh komputer Anda, dengan begitu umur dari perangkat komputer juga akan lebih tahan lama.
Yang terpenting adalah selalu mengecek kondisi komputer agar komputer selalu dalam performa yang baik.
Sumber okezone

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan analis sistem dan desain sistem

RANGKAIAN DAN GERBANG LOGIKA

SILATURAHIM ; PENGERTIAN dan MANFAATNYA