PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK


Data adalah suatu penggambaran fakta , pengertian instruksi yang dapat disampaikan dan diolah oleh manusia atau mesin. Contoh : data berupa angka , karakter, alphabet, simbol, gambar, suara dll.


Pengolahan data adalah Pengubahan atau transformasi simbol-simbol seperti nomor dan huruf untuk tujuan peningkatan kegunaannya.

Pengolahan data elektronik adalah manipulasi dari data ke bentuk yang lebih berarti berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik yaitu computer.
Sistem Pengolahan Data adalah sistem yang melakukan pengolahan data. Contoh : sistem pengolahan data penjualan, sistem pengolahan data pegawai dan lain-lain .
Informasi adalah hasil dari kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih berarti dari suatu kejadian.


Berikut ini diberikan beberapa definisi tentang komputer yang disajikan oleh beberapa buku.
• Menurut buku Computer Annual (Robert H. Blissmer):
Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
- menerima input,
- memproses input tadi sesuai dengan programnya,
- menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan,
- menyediakan output dalam bentuk informasi.

• Menurut buku Computer Today (Donald H. Sanders):
Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (stored program).

• Menurut buku Computer Organization (V.C. Hamancher, Z.G. Vranesic, S.G. Zaky):
Komputer adalah mesin Penghitung yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi.

• Menurut buku Introduction To The Computer, The Tool Of Business (William M. Fuori):
Komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan besar dan cepat, termasuk perhitungan arithmetika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan (definisi ini diambilkan dari American National Standard Institute dan sudah didiskusikan serta sudah disetujui dalam suatu pertemuan Internasional Organization For Standardization Technical Commite).

• Menurut buku Introduction To Computers (Gordon B. Davis):
Komputer adalah tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.

Dari beberapa definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa komputer adalah:
1. Alat elektronik.
2. Dapat menerima input data.
3. Dapat mengolah data.
4. Dapat memberikan informasi.
5. Menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer (stored program).
6. Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan.
7. Bekerja secara otomatis.

Sedang yang disebut dengan program adalah kumpulan dari instruksi atau perintah terperinci yang sudah dipersiapkan supaya komputer dapat melakukan fungsinya dengan cara yang sudah tertentu.


DEFINISI PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK


1. Pengantar Komputer Apakah anda pernah mendapat pertanyaan yang berkisar tentang apakah komputer itu? Coba anda renungkan dan mencoba untuk menjawabnya dan jangan kaget bila pertanyaan tersebut sulit dijawab. Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda untuk orang yang berbeda. Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa Latin Computare yang berarti menghitung (to compute atau reckon).

PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK

Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan nama Pengolahan Data Elektronik (PDE). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu fakta. Data dapat berupa angka-angka, huruf-huruf atau simbol-simbol khusus atau gabungan darinya. Data mentah masih belum dapat bermakna lebih banyak sehingga perlu dilakukan pengolahan lebih lanjut. Pengolahan data (data processing) adalah manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti yaitu informasi.

Informasi adalah hasil dari kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih berarti dari suatu kejadian. Jadi Pengolahan Data Elektronik adalah suatu proses manipulasi data ke dalam bentuk yang lebih berarti berupa informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik yaitu komputer.

Siklus Pengolahan Data

Suatu proses pengolahan data terdiri dari 3 tahapan dasar yang disebut dengan siklus pengolahan data yaitu input, pemrosesan dan output. Siklus tersebut dapat dinyatakan dalam bentuk gambar sebagai berikut.

Tiga tahap dasar dari siklus pengolahan data tersebut dapat dikembangkan lebih lebih lanjut. Siklus pengolahan data yang dikembangkan dapat ditambahkan tiga atau lebih tahapan lagi yaitu origination, storage dan distribution.

  1. Origination. Tahap ini berhubungan dengan proses pengumpulan data yang biasanya merupakan proses pencatatan (recording) data ke dokumen dasar.
  2. Input. Tahap ini merupakan proses memasukkan data ke dalam proses komputer lewat alat input.
  3. Proses. Tahap ini merupakan proses pengolahan dari data yang sudah dimasukkan yang dilakukan oleh alat pemroses (processing device) yang dapat berupa proses menghitung, membandingkan, mengklasifikasikan, mengurut, mengendalikan atau mencari di storage.
  4. Output. Tahap ini merupakan proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data ke alat output (output device) yaitu berupa informasi.
  5. Distribution. Tahap ini merupakan proses dari distribusi output kepada pihak yang berhak dan membutuhkan informasi.
  6. Storage. Tahap ini merupakan proses perekaman hasil pengolahan ke simpanan luar (storage). Hasil dari pengolahan yang disimpan di storage dapat dipergunakan sebagai bahan input untuk proses selanjutnya.
Sistem Komputer

Supaya komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk sistem komputer. Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi. Supaya tujuan pokok tersebut terlaksana maka harus ada elemen-elemen yang mendukungnya. Elemen-elemen dari sebuah sistem komputer adalah software, hardware, dan brainware.

• Software (perangkat lunak) adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengolahan data.
• Hardware (perangkat keras) adalah peralatan di sistem komputer yang secara fisik dapat terlihat dan dapat dijamah.
• Brainware adalah manusia yang terlibat dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.

Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk suatu kesatuan. Hardware tanpa adanya software maka komputer tidak akan berfungsi seperti apa yang diharapkan hanya berupa benda mati. Software yang akan mengoperasikan hardware-nya. Hardware yang sudah didukung oleh software juga tidak akan berfungsi kalau tidak ada manusia yang mengoperasikannya.
 

Kemampuan Komputer

Kemampuan komputer yang paling menakjubkan adalah kecepatannya. Komputer dapat melakukan suatu operasi dasar seperti misalnya perhitungan pertambahan atau pengurangan, dalam waktu yang sangat cepat yaitu dalam satuan millisecond, nanosecond atau picosecond. Komputer yang paling cepat dapat melakukan operasi dalam waktu picosecond.

Misalnya manusia dapat menyelesaikan suatu perhitungan pertambahan dalam waktu 1 detik. Bila kecepatan komputernya adalah picosecond maka 1 detik operasi pertambahan yang dilakukan oleh komputer akan diselesaikan oleh manusia dalam waktu 1 triliun detik atau 31709 tahun.

Kemampuan komputer yang lain yang menakjubkan adalah ketepatannya. Kalau manusia lelah maka mentalnya akan luluh (mental fatique) yang akan berakibat kecenderungan untuk melakukan kesalahan. Misalnya saja anda diminta untuk melakukan perhitungan sebanyak 100.000 buah pertambahan yang akan diselesaikan dalam waktu 1 hari terus menerus tanpa berhenti, maka akan dijamin bahwa anda pasti akan melakukan kesalahan. Sebaliknya komputer tidak mempunyai mental dan tidak mengenal lelah, maka komputer tidak akan mengalami kesalahan.


Popular posts from this blog

Perbedaan analis sistem dan desain sistem

RANGKAIAN DAN GERBANG LOGIKA

SILATURAHIM ; PENGERTIAN dan MANFAATNYA