REKAYASA PERANGKAT LUNAK (PENGERTIAN DAN TUJUAN)



Rekayasa Perangkat Lunak (Pengertian dan Tujuan)
Rekayasa perangkat lunak (RPL, atau dalam bahasa Inggris: Software Engineering atau SE) adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.

IEEE Computer Society mendefinisikan rekayasa perangkat lunak sebagai penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak.
Download berkas ini disini


rekayasa perangkat lunak adalah pengubahan perangkat lunak itu sendiri guna mengembangkan, memelihara, dan membangun kembali dengan menggunakan prinsip reakayasa untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja lebih efisien dan efektif untuk pengguna.

kriteria yang dapat digunakan sebagai acuan dalam merekayasa perangkat lunak:
1. dapat terus dirawat dan dipelihara(maintainability)
2. dapat mengikuti perkembangan teknologi(dependability)
3. dapat mengikuti keinginan pengguna(robust)
4. efektif dan efisien dalam menggunakan energi dan penggunaannya
5. dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan(usability)

Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak

Pengertian dari Perangkat Lunak adalah kumpulan beberapa perintah komputer yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya yaitu memproses informasi. perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya. Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda tapi bisa di operasikan.

Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) adalah aplikasi ilmu komputer untuk membangun sistem perangkat lunak praktis yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal yaitu analisa kebutuhan pengguna, menentukan spesifikasi dari kebutuhan pengguna, disain, pengkodean, pengujian sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan.

Perbedaan perangkat lunak dengan ilmu komputer
 
Ilmu komputer seringkali didiskripsikan sebagai suatu studi sistematis pada proses-proses algoritma yang menjelaskan dan mentransformasikan informasi seperti halnya di sini adalah teori, analisis, disain, efisiensi, penerapan dan aplikasinya. Sedangkan perangkat lunak merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya. Jadi perangkat lunak itu dapat berupa program atau prosedur. Perbedaan antara RPL dengan ilmu komputer adalah Intinya, imu komputer berhubungan dengan teori dan metode yang mendasari sistem komputer dan perangkat lunak, sedangkan RPL berhubungan dengan praktek dalam memproduksi perangkat lunak.


Kriteria dalam Merekayasa Perangkat Lunak, diantaranya meliputi:
  • Dapat terus menerus dirawat serta dipelihara (maintainability).
  • Dapat mengikuti perkembangan dunia teknologi (dependability).
  • Dapat mengikuti keinginan user atau penggunanya (robust).
  • Efektif serta efisien dalam menggunakan energi dan penggunaannya.
  • Dapat memenuhi atau mencukupi kebutuhan yang diinginkan (usability).
Ruang Lingkup Rekayasa Perangkat Lunak, diantaranya meliputi:
  • Software Requirements – berhubungan dengan spesifikasi kebutuhan dan juga persyaratan perangkat lunak.
  • Software desain – mencakup proses penampilan arsitektur, komponen, antar muka, dan juga karakteristik lain dari perangkat lunak.
  • Software construction – berhubungan dengan detail pengembangan perangkat lunak, termasuk seperti algoritma, pengkodean, pengujian sampai pencarian kesalahan.
  • Software testing – meliputi pengujian pada keseluruhan perilaku dari perangkat lunak.
  • Software maintenance – mencakup berbagai macam upaya perawatan ketika perangkat lunak telah dioperasikan atau digunakan.
  • Software configuration management – berhubungan dengan berbagai macam usaha perubahan konfigurasi perangkat lunak, yaitu untuk memenuhi kebutuhan tertentu.
  • Software engineering management – berkaitan dengan pengelolaan dan juga pengukuran RPL, termasuk perencanaan proyek perangkat lunak.
  • Software engineering tools and methods – mencakup kajian-kajian teoritis tentang alat bantu dan metode RPL.
 


Comments

Post a Comment

Terima kasih atas kunjunganya di Omah Artikel
SEMOGA BERMANFAAT

Popular posts from this blog

Perbedaan analis sistem dan desain sistem

RANGKAIAN DAN GERBANG LOGIKA

SILATURAHIM ; PENGERTIAN dan MANFAATNYA